top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Praziquantel Ampuh Mengatasi Infeksi Cacing pada Ikan


Pada budidaya ikan, serangan hama dan penyakit menjadi permasalahan yang sering terjadi. Pencegahan dan penanganan yang tepat menjadi kunci dari keberhasilan usaha budidaya.

Biasanya, hama dan penyakit pada ikan kerap muncul pada lingkungan budidaya yang tidak terawat. Bahan pakan sisa yang tidak terakumulasi secara sempurna disinyalir menjadi faktor utama dalam membuat kondisi kolam budidaya menjadi tidak stabil.

Sumber: yukepo.com

Endapan sisa pakan yang ada pada dasar kolam ini kemudian akan membentuk senyawa lain yang bersifat toxic pada ikan, sehingga ikan kerap akan keracunan jika air tidak segera diganti. Selain itu, kondisi tersebut ternyata menjadi lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan bakteri jahat yang dapat mengifeksi ikan.

Bakteri-bakteri tersebut kemudian memicu hadirnya parasit yang tentunya akan mengganggu kehidupan ikan. Salah satu parasit yang kerap muncul ialah cacing.

Tidak hanya menempel dan mengambil sari makanan yang ada dalam tubuh ikan, cacing juga dapat menyebabkan infeksi dari bagian yang telah ia gigit. Infeksi ini nantinya akan menyebabkan luka pada ikan.

Tidak hanya itu, beberapa jenis cacing juga dapat hinggap dan hidup di aliran darah ikan serta menjalar menuju hati ikan. Hal ini tentu akan mengganggu sistem metabolisme tubuh ikan sehingga sulit untuk melakukan pertumbuhan.

Praziquantel

Praziquantel merupakan produk yang tepat untuk membantu pencegahan infeksi oleh segala jenis cacing. Tidak hanya untuk ikan, produk ini juga dapat digunakan pada semua spesies hewan ternak lainnya.

Cara kerja dari Praziquantel ialah dengan menyebabkan kejang dan kelumpuhan pada cacing hingga akhirnya cacing akan hancur di dalam usus ikan yang selanjutnya akan dikeluarkan melalui kotoran ikan.

Keuntungan dari menggunakan praziquantel untuk mengobati infeksi cacing pada ikan adalah tidak adanya efek samping pada ikan, dengan kata lain penggunaan produk ini pada ikan sangatlah aman.

Dosisi penggunaan praziquantel yang tepat adalah 10 mg per satu kilo pakan. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan langsung praziquantel pada pakan dan kemudian diberikan pada ikan. Pengobatan dilakukan minimal 3 hari dalam satu minggu, jika belum ada perubahan pengobatan dapat dilakukan pada minggu berikutnya.

Baca Juga:

1.345 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page