top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Kontrol Keasaman Kolam Ikan dengan Pemberian Garam


Tingkat keasaman pada kolam ikan sangat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ikan. Apalagi pada saat musim hujan, kadar keasaman air kolam akan menjadi semakin asam. Hal tersebut tentu bukan merupakan keadaan optimal untuk ikan dapat hidup.

Tingginya kadar asam pada kolam dapat menyebabkan ikan menjadi jamuran, serta terserang macam penyakit lainnya. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah mengembalikan keadaan tersebut menjadi optimal kembali.

Sumber: cnnindonesia.com

Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan tingkat keasaman pada kolam ikan adalah garam. Selain murah, garam juga aman bagi ikan sehingga anda tak perlu khawatir akan terjadi hal yang tidak diinginkan pada ikan anda.

Garam yang digunakan dapat berupa garam dapur atau garam yang dibuat khusus untuk perikanan. Nutrilime termasuk salah satu produk yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan kadar pH air kolam anda, sehingga kondisi keasaman pada kolam menjadi lebih stabil.

Jumlah garam yang diberikan juga harus disesuaikan dengan luas kolam yang ada, karena jika memberikannya secara berlebihan, maka pH air akan naik dan akan bersifat basa. Seperti yang kita ketahui bahwa, kolam yang bersifat basa juga sangat tidak dianjurkan untuk ikan.

Baca Juga:

5.904 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page