• Redaktur: Audri Rianto

Memasukkan Ikan Sapu-sapu pada Kolam Lele. Apakah Bisa?


Ikan sapu-sapu dikenal sebagai jenis ikan yang sangat rajin membersihkan kotoran-kotoran yang ada di dalam kolam. Biasanya, ikan sapu-sapu ini diletakkan di dalam akuarium dengan tujuan untuk memakan kotoran maupun sisa pakan dari ikan-ikan yang dipelihara.

Sumber: ikan.waw.co.id

Dengan konsep yang sama, banyak orang ingin mencoba untuk memasukkan ikan sapu-sapu ke dalam kolam lele. Apakah hal tersebut mungkin untuk dilakukan? Apakah dengan adanya ikan sapu-sapu pada kolam lele tidak akan mengganggu kehidupan ikan lele itu sendiri? Berikut ini jawabannya.

Sah saja jika memasukkan ikan sapu-sapu pada kolam lele karena dapat membersihkan kotoran-kotoran yang ada. Namun, anda harus paham bahwa ikan sapu-sapu termasuk ikan yang cepat tumbuh serta memiliki kulit yang kasar.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka anda sudah tahu risiko yang akan dihadapi. Ya, ikan sapu-sapu yang semakin besar akan memakan tempat yang cukup banyak pada kolam lele. Selain itu, kulitnya yang keras dan kasar dapat melukai tubuh ikan lele dan tentu akan menimbulkan infeksi.

Untuk itu, anda harus selalu memperhatikan pertumbuhan ikan sapu-sapu setelah ikan tersebut dimasukkan ke dalam kolam lele. Jika ikan sapu-sapu dirasa sudah tumbuh cukup besar, maka sebaiknya keluarkan ikan sapu-sapu tersebut dari dalam kolam lele sebelum melukai tubuh ikan lele yang ada di dalam kolam.

Kemudian, ganti ikan sapu-sapu tersebut dengan ikan yang baru. Pastikan bahwa ukuran ikan sapu-sapu sama besarnya dengan ikan lele sebelum memasukkannya ke dalam kolam lele. Karena jika ikan sapu-sapu yang dimasukkan berukuran lebih kecil dari lele, maka ikan sapu-sapu akan mati diserang ikan lele yang ada.

Baca Juga:

#memasukkanikansapusapupadakolamlele #caramemasukkanikansapusapupadakolamlele

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon