top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

4 Produk Olahan Udang yang Bernilai Jual Tinggi


Udang menjadi komoditi perairan Indonesia yang sukses menembus pasar Internasional. Beberapa negara telah menjadi tujuan pemasaran udang dari Indonesia. Maka tak heran, jika produksi udang negara menjadi prioritas yang akan terus ditingkatkan.

Sumber: gresnews.com

Kebanyakan udang yang dipasarkan masih berbentuk udang asli. Padahal, apabila diolah menjadi produk olahan dengan bentuk yang baru dapat meningkatkan nilai jualnya. Beberapa bentuk produk olahan udang yang dimaksud adalah sebagai berikut

Udang Beku

Jenis produk olahan udang ini sebenarnya masih termasuk ke dalam kategori standar pemasaran udang. Untuk meningkatkan harga jualnya, sebaiknya udang terlebih dahulu dikuliti hingga bersih kemudian dilakukan proses pembekuan.

Udang Headless

Udang headless ialah keadaan dimana udang dipasarkan dengan kondisi yang sudah dibuang kepalanya. Selain menjadi lebih hemat tempat, udang tanpa kepala juga lebih mudah untuk diolah menjadi makanan.

Udang Peeled

Udang jenis ini adalah udang yang sudah dibekukan dengan keadaan yang melewati proses pengulitan dan dihilangkan kepalanya. Udang peeled ini juga dibagi menjadi beberapa jenis.

  • Peeled Tail On, yaitu udang yang sudah dihilangkan kepalanya serta dibuang kulitnya, namun kulit yang dihilangkan hanya ruas pertama hingga ruas terakhir, dan kulit yang menutupi bagian ekor dibiarkan tetap ada.

  • Peel Deveined Tail On, hampir sama dengan produk sebelumnya, yang membedakan adalah udang telah dibersihkan kotorannya dengan cara membuangnya melalui punggung udang.

  • Peel and Deveined, jenis udang yang sudah dikuliti hingga bagian ekornya serta dibersihkan kotorannya, sehingga udang jenis ini terkesan sebagai udang yang paling bersih untuk dipasarkan.

  • Peeled Undeveined, udang sudah dibersihkan kulitnya hingga bagian ekornya serta dibuang kepalanya, namun kotoran belum dibersihkan.

Udang Beku Kering

Udang kering biasanya digunakan untuk membuat tempura cooked atau tempura uncooked. Bahkan, saat ini mulai dikembangkan untuk membuat produk sushi. Hal ini tentu menjadi suatu peluang untuk udang Indonesia bisa menguasai pasar Jepang.

Baca Juga:

1.569 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page