top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Persiapan Sebelum Mengirim Ikan Hidup ke Luar Daerah


Ikan hias termasuk banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, demi mendapatkan ikan yang diinginkan, banyak orang rela untuk merogoh kocek yang tidak sedikit serta didatangkan dari luar daerah.

Hal ini menjadi suatu sinyal bahwa pengusaha jual beli ikan hias dapat melakukan bisnisnya dimana saja serta memiliki target penjualan dari seluruh Indonesia. Namun, yang menjadi permasalahannya adalah proses pengiriman ikan hias tersebut ke daerah lain. Karena, jika tidak dilakukan dengan benar ikan yang dikirim akan mati saat di perjalanan.

Sumber: ternakpedia.com

Untuk itu, pada tulisan kali ini kami akan memaparkan beberapa hal yang harus disiapkan sebelum mengirim ikan hias hidup ke daerah lain.

Pengambilan Ikan dari Kolam

Sebelum mengemas ikan, sebaiknya pastikan ikan dalam keadaan sehat dan tidak ada cedera ataupun cacat pada tubuhnya. Untuk itu, dalam proses mengeluarkan ikan dari kolam harus dilakukan dengan ekstra hati-hati, agar tidak terjadi goresan yang menimbulkan luka pada tubuh ikan. Karena, jika ikan luka sedikit saja pada tubuhnya akan meningkatkan risiko kematian pada saat proses pengiriman.

Menempatkan Ikan pada Wadah

Untuk menghemat ongkos kirim, anda dapat menempatkan beberapa ikan pada satu wadah. Namun, sebaiknya berikan oksigen pada wadah agar ikan tetap dalam keadaan segar selama proses pengiriman yang akan berlangsung dalam beberapa jam.

Jumlah Ikan dalam Wadah tidak Berlebihan

Anda dapat memasukkan beberapa ikan dalam satu wadah, namun jumlahnya tidak terlalu berlebihan hingga membuat ikan terlihat saling tindih. Karena, jika ikan dalam keadaan tersebut selama berjam-jam maka ikan akan mudah mengalami stres. Untuk itu, pastikan bahwa jumlah ikan per wadah dalam keadaan yang optimal, tidak terlalu padat maupun terlalu jarang.

Memilih Jasa Pengiriman yang Tepat

Jasa pengiriman merupakan hal penting dalam proses pengiriman ikan ke luar daerah. Sebaiknya, pilihlah jasa pengiriman yang memiliki layanan pengiriman satu hari sampai, agar ikan tidak berada dalam wadah pengiriman lebih lama lagi karena dikhawatirkan dapat meningkatkan stres pada ikan.

Baca Juga:

990 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page