top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Jenis Ikan Populer Untuk Investasi Perikanan Air Tawar


Permintaan ikan air tawar di pasaran diketahui memiliki tingkat yang cukup tinggi. Hal ini tentu menjadikan potensi peluang usaha budidaya yang bisa dikatakan cukup besar dan menjanjikan.

Ada beberapa ikan yang paling disukai oleh masyarakat, sehingga ikan-ikan tersebut menjadi yang paling banyak untuk dibudidayakan. Bahkan, ikan-ikan tersebut menyumbang lebih dari 80 persen dari total produksi ikan yang ada di Indonesia.

Sumber: bibitikan.net

Fakta tersebut juga banyak menarik minat pada pembudidaya baru untuk mencoba menginvestasikan uangnya demi membuka budidaya ikan-ikan tersebut. Berikut ini beberapa ikan yang populer dan bagus untuk investasi perikanan.

Ikan Lele

Ikan dengan nama latin Clarias sp ini merupakan jenis ikan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Ikan ini menjadi sangat disukai karena memiliki daging yang lunak serta durinya sedikit dan harganya juga termasuk murah.

Pembudidaya suka memelihara ikan ini karena ikan ini juga dikenal mudah dirawat serta cepat mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang bagus untuk diinvestasikan, karena permintaannya cukup stabil di pasaran serta efisien untuk dibudidayakan.

Rasio pakan yang akan menjadi daging ikan lele mencapai 1:1, yang artinya setiap pemberian ikan lele sebanyak 1 kg, maka dapat menghasilkan ikan lele dengan bobot yang sama.

Ikan Mas

Ikan mas menjadi ikan yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia karena ikan ini sangat cocok hidup pada lingkungan tropis. Masyarakat juga gemar mengonsumsi ikan mas karena rasa dagingnya yang gurih, sehingga permintaannya di pasaran juga tergolong stabil.

Ikan Patin

Saat ini, kebutuhan ikan patin terus meningkat sehingga persediaannya kerap kali tidak dapat dipenuhi oleh pembudidaya. Hal ini tentu menjadi suatu peluang yang bagus bagi orang-orang yang ingin memulai usaha budidaya ikan.

Investasi untuk membangun kolam budidaya patin menjadi keputusan yang sangat menguntungkan. Belum lagi tidak ada patokan ukuran yang jelas untuk pemasaran patin di pasar lokal. Lama waktu budidaya juga tergolong sama dengan ikan lainnya, yakni sekitar 6 bulan.

Ikan Nila

Ikan nila juga termasuk ikan air tawar yang mudah untuk dipelihara serta gangguan penyakitnya juga tidak terlalu banyak sehingga risiko kerugian dalam budidaya tergolong rendah.

Pertumbuhan ikan nila juga tergolong cukup cepat. Ikan nila unggul diketahui dapat tumbuh mencapai 4,1 gram per hari. Hal tersebut tentu dapat membuat ikan nila menjadi lebih cepat untuk dipanen.

Ikan Gurame

Ikan gurame juga cukup banyak disukai oleh orang-orang. Banyak restoran atau rumah makan yang menyediakan ikan gurame sebagai menu andalannya dengan harga yang cukup mahal. Hal ini juga menjadi salah satu faktor mendorong banyak orang membudidayakan ikan gurame.

Baca Juga:

1.459 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page