• Redaktur: Audri Rianto

5 Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil


Ibu hamil tentu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan, terutama ikan laut. Hal ini karena ikan laut dikenal sebagai sumber protein dan asam lemak omega-3 yang bagus dalam proses perkembangan otak bayi.

Namun, beberapa ikan menjadi cukup berbahaya dan beresiko untuk dikonsumsi saat ikan-ikan tersebut mengandung kadar merkuri yang tinggi. Diketahui, semakin besar ukuran suatu ikan maka semakin besar pula risiko ikan tersebut untuk mengandung lebih banyak merkuri.

Hal ini yang memacu Food and Drug Administration (FDA) untuk mengingatkan kembali kepada para ibu hamil untuk menghindari ikan-ikan yang berpotensi mengandung merkuri tinggi. Beberapa ikan tersebut adalah:

1. Hiu

Sumber: haibunda.com

Posisinya yang berada di puncak rantai makanan membuatnya beresiko mengandung merkuri tinggi dalam tubuhnya. Hiu memiliki kebiasaan memakan ikan-ikan lainnya untuk bertahan hidup, sehingga wajar saja jika kandungan merkurinya tinggi, karena terakumulasi dari kandungan merkuri yang ada pada ikan-ikan yang dimakannya.

2. Swordfish atau Ikan Todak

Sumber: haibunda.com

Ikan todak juga termasuk ikan dengan ukuran tubuh yang besar serta bersifat predator di laut. Pola makannya inilah yang memengaruhi kadar merkuri dalam tubuhnya.

3. King Mackarel atau Raja Makarel

Sumber: haibunda.com

Ikan makarel yang biasa dijumpai di pasar sangat berbeda dengan ikan raja makarel. Diketahui, berat tubuh ikan raja makarel dapat mencapai 40 kilo. Dari bobot tubuhnya saja kita bisa mengetahui bahwa ikan ini memiliki ukuran tubuh yang besar, sehingga beresiko tinggi untuk mengandung merkuri yang banyak.

4. Tilefish

Sumber: haibunda.com

Ikan ini biasa ditemukan di perairan Teluk Meksiko. Ikan yang masih kecil biasanya akan dijadikan sebagai ikan hias di akuarium, sementara ikan yang besar umumnya dijadikan sebagai bahan konsumsi. Namun, ikan ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kadar merkurinya tergolong tinggi bagi keadaan janin.

5. Albacore Tuna atau Tuna Putih

Sumber: haibunda.com

Ikan tuna umumnya layak dikonsumsi dan dianjurkan untuk ibu hamil karena mengandung protein dan omega-3 yang tinggi. Namun, tuna jenis Albacore ini harus dibatasi konsumsinya. Karena ikan ini beresiko mengandung merkuri tinggi.

Baca Juga:

#ikanyanggakbolehdimakanibuhamil

0 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon