top of page
Redaktur: Audri Rianto

Mengenal Penyakit Aeromonas Serta Kemunculannya di Indonesia


Penyakit aeromonas merupakan penyakit yang paling umum menyerang ikan air tawar, baik ikan konsumsi maupun ikan hias.

Sumber: davidsaquariumadvice.com

Kemunculan Aeromonas di Indonesia

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Aeromonas hydrophila pertama kali dikenal di Indonesia pada tahun 1980 dan menyebabkan wabah penyakit ikan karper di Jawa Barat, serta mengakibatkan kematian ikan sebanyak 125 ton.

Sejak awal kemunculannya itu, bakteri Aeromonas hydrophila semakin berkembang dan timbul secara berkala sampai sekarang, hingga membuat para pembudidaya mengalami kerugian.

Kemampuan bakteri Aeromonas hydrophila dalam menyebabkan penyakit tergolong cukup cepat. Jadi, ikan yang memiliki kondisi kesehatan yang tidak baik serta terdapat luka di tubuhnya maka akan semakin cepat terserang oleh bakteri ini.

Tempat Hidup Aeromonas

Bakteri Aeromonas hydrophila dapat ditemukan dimana saja, terutama pada kolam dengan kandungan bahan organiknya yang tinggi atau kolam yang kotor. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kolam yang rutin dibersihkan dapat menghambat perkembangan bakteri ini.

Aeromonas hydrophila juga memiliki kemampuan untuk memproduksi beberapa enzim, seperti gelatinase, caseinase, elastase, lipase, lecithinase, staphylolyase, deoxyribonuclease dan ribonuclease serta racun seperti eksotoksin, cytotoksin, enterotoksin dan endotoksin.

Semua senyawa inilah yang akan memengaruhi metabolisme ikan, dan berakhir pada terjadinya infeksi.

Ciri Ikan Terinfeksi Aeromonas

Ciri-ciri ikan yang mengalami infeksi penyakit ini ialah terlihat adanya luka seperti borok pada bagian tubuh ikan. Luka yang tidak segera diobati ini lambat laun akan menyebar ke seluruh tubuh dan ke ikan lainnya yang masih sehat.

Ikan juga akan mengalami penurunan nafsu makan akibat dari adanya peradangan tersebut. Sirip juga akan terlihat seperti rusak dan koyak, serta terjadi gangguan pada selaput lendir ikan yang mengakibatkan ikan menjadi agak kesat saat dipegang.

Obat Untuk Aeromonas

Beberapa obat sudah diciptakan guna menyembuhkan ikan yang sudah terinfeksi oleh penyakit ini. Namun, pengobatan harus segera dilakukan setelah terjadinya infeksi, karena jika sudah terlalu lama, maka kemungkinan besar ikan tidak akan bisa disembuhkan lagi.

Salah satu obat ampuh yang sudah teruji kualitasnya dalam mengatasi penyakit ini adalah methylene blue yang bisa anda dapatkan di ISW Group.

Baca Juga:


5.067 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page