top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Mengatasi Penyakit Dropsy pada Ikan Hias


Dropsy merupakan penyakit yang disebabkan dari infeksi bakteri. Penyakit ini biasa menyerang ikan yang dipelihara di dalam akuarium. Kebersihan air dan akuarium yang kurang disinyalir menjadi penyebab utama munculnya penyakit ini.

Gejala dari penyakit ini adalah ikan akan terlihat bengkak atau menggembung perutnya dan disertai dengan terangkatnya sisik-sisik ikan sehingga ikan memiliki kulit seperti kulit nenas. Terangkatnya sisik-sisik ikan itu disebabkan oleh tertahannya cairan yang ada di dalam tubuh ikan tersebut.

Sumber: aquariumfiltersetup.com

Ikan yang terinfeksi oleh penyakit ini juga akan menunjukkan perilaku-perilaku tak biasanya, seperti ikan akan terlihat murung atau berdiam diri di dasar akuarium.

Penanganan yang dilakukan sesegera mungkin sangat dianjurkan agar ikan dapat hidup normal kembali. namun, jika penanganan dilakukan sudah terlambat, maka besar kemungkinan ikan akan mati.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit Dropsy pada ikan hias.

  • Sediakan obat khusus yang dikenal ampuh dalam mengobati penyakit ikan akibat infeksi bakteri. Salah satu obat yang bisa anda gunakan adalah methylen blue. Selain dapat mengobati penyakit akibat infeksi bakteri, methylene blue juga dapat digunakan untuk mengobati ikan yang keracunan nitrit serta penyakit akibat jamur.

  • Siapkan wadah lain yang telah diisi air sebanyak 1 liter.

  • Kemudian, masukkan methylene blue ke dalam wadah tersebut dengan dosis 15 gram per 100 liter air.

  • Setelah 3 hari, masukkan ikan ke dalam wadah tersebut dan diamkan selama 2 hari. Lihat perkembangan ikan, jika ikan sudah terlihat lincah dan sehat, maka anda dapat mengganti airnya dengan air bersih.

  • Selanjutnya, anda dapat memberikan makan ikan hias sedikit demi sedikit hingga ikan benar-benar sembuh dari penyakit Dropsy.

Baca Juga:

17.967 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page