top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

5 Cara Memilih Indukan Ikan Gurame yang Baik


Ikan gurame termasuk jenis ikan air tawar konsumsi yang masih banyak digemari sampai saat ini. Tingginya permintaan tersebut membuat usaha budidaya ikan gurame masih sangat berpotensi menghasilkan untung yang besar.

Sumber: bibitikan.net

Dalam melakukan usaha budidaya ikan gurame agar dapat menghasilkan keuntungan, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah proses pemilihan indukan, yang nantinya akan digunakan pada proses pembibitan.

Cara Memilih Indukan Ikan Gurame

1. Indukan Harus Berpasangan

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih indukan ikan gurame adalah jenis kelaminnya. Usahakan jenis kelamin indukan harus berpasangan. Untuk itu, anda wajib mengetahui perbedaan antara gurame jantan dan betina.

Ikan gurame jantan dapat diketahui dari bentuk dahinya yang menonjol, dagu tebal, ujung sirip ekor membundar, tulang insang berwarna kuning, dasar sirip berwarna putih serta perut terlihat meruncing.

Ikan gurame betina memiliki ciri berupa bentuk dahi yang rata, dagu tidak tebal, ujung sirip ekor rata, tutup insang berwarna putih kecokelatan, dasar sirip hitam dan perut membundar.

2. Pertumbuhan Badan yang Cepat

Indukana gurame yang baik adalah yang memiliki pertumbuhan yang baik dan cepat. Bentuk ikan juga harus ideal, baik berupa panjang tubuh dan beratnya. Ciri lain yang menandakan pertumbuhannya baik adalah ukuran kepala relatif kecil, kulit licin dan mengkilap, warna sisik cerah, ikan bergerak aktif serta tidak adanya luka dan cacat fisik.

3. Perhatikan Dagu Ikan Gurame Jantan

Kualitas ikan gurame dapat ditentukan dari bentuk dagunya. Ikan gurame jantan yang akan dijadikan indukan haruslah memiliki bentuk dagu yang tebal dan besar. Dagu indukan jantan harus kuat dan lebar karena akan digunakan sebagai tempat penyimpanan telur.

4. Perhatikan Kondisi Sisiknya

Selain dagu, sisik ikan gurame juga harus diperhatikan dengan baik. Ikan gurame yang akan dijadikan indukan haruslah memiliki sisik yang tertata rapi, tidak terkelupas maupun terluka serta bebas dari penyakit.

5. Cukup Umur

Hal terakhir yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih indukan gurame adalah umur ikan tersebut. Pastikan bahwa calon indukan sudah cukup umur, yakni untuk jantan harus berusia 4 tahun atau dengan bobot 2-3 kg. Sedangkan untuk yang betina harus berusia 3 tahun dengan bobot 2-2,5 kg.

Baca Juga:

4.819 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page