• Redaktur: Audri Rianto

Tahapan Pemanenan Udang Vaname yang Benar


Pada usaha budi daya udang, tahapan akhir yang paling ditunggu-tunggu adalah pemanenan. Karena pada tahap ini, kita bisa mengetahui kisaran untuk yang didapatkan.

Proses pemanenan udang vaname membutuhkan teknik yang mumpuni guna menghindari terjadinya kematian udang atau kerusakan pada udang. Sebab, udang yang rusak fisiknya tentu akan mengurangi nilai jualnya.

Sumber: trobos.com

Untuk itu, penting bagi anda para petambak mengetahui tahapan-tahapan dalam memanen udang vaname.

Waktu Panen

Panen udang vaname ditentukan dari ukuran udang tersebut, apakah sudah memenuhi pasar atau belum dan sudah tidak mungkin lagi untuk dibudidayakan. Pertimbangan yang diambil adalah perpaduan antara pertimbangan teknis dan bisnis.

Secara teknis, jika udang masih memungkinkan udang dibudidayakan, maka selama itu itu pula udang dipelihara, namun jika harga udang vaname sedang bagus pada ukuran tersebut, maka sebaiknya dipanen dan dijual dengan harapan mendapatkan keuntungan yang memuaskan.

Teknis Pemanenan

Teknis pemanenannya dapat dilakukan dengan menggunakan jala tebar maupun jala tarik. Panen sebaiknya dilakukan oleh orang yang berpengalaman, karena sifat udang yang mudah rusak jika tidak ditangani dengan baik. Udang yang rusak tentu dapat menurunkan harga jualnya di pasar.

Baca Juga:

#carapanenudangvaname

1059 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua