top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

3 Syarat yang Wajib Diperhatikan Dalam Menentukan Lokasi Tambak


Untuk memulai usaha tambak, pemilihan lokasi tidak bisa sembarangan dilakukan. Lokasi yang ideal tentu memberikan kontribusi yang sangat besar dalam kelancaran usaha budi daya udang tersebut.

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan sebelum memilih lokasi tambak udang. Beberapa persyaratan tersebut di antaranya.

  • Untuk menentukan lokasi yang akan kita jadikan tambak, sebaiknya cari daerah yang belum terbentuk. Maksudnya adalah tidak membuat tambak pada daerah pemukiman, tempat wisata atau wilayah industri. Hal ini dilakukan agar tambak yang kita miliki dalam keadaan aman dan terhindar dari konflik dengan pihak setempat.

  • Air merupakan komponen utama dalam tambak. Untuk itu, carilah lokasi yang tidak jauh dengan sumber air. Pastikan juga sumber air dapat mencukupi kebutuhan tambak kita dan kualitas airnya masih terjaga atau belum mengalami pencemaran.

  • Walau pada budi daya udang di dalam tambak membutuhkan lebih banyak air laut, namun tak dapat dipungkiri bahwa kita juga membutuhkan air tawar untuk menetralkan salinitas. Maka pastikan bahwa pasokan air tawar juga cukup untuk kebutuhan tambak.

Demikian beberapa syarat yang wajib anda penuhi sebelum memutuskan untuk memilih lokasi tambak anda. Dengan memenuhi ketiga syarat tersebut, maka tingkat keberhasilannya akan semakin besar.

Baca Juga:

3.483 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page