top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

7 Manfaat Kesehatan dari Rutin Mengonsumsi Air Tebu


Banyak kita jumpai di pinggir jalan para penjual air tebu. Dengan rasanya yang khas serta harganya yang murah, menjadikan air tebu sebagai salah satu minuman yang paling banyak dicari orang.

Tidak hanya menyegarkan, tebu juga sangat baik bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya. Zat yang terkandung dalam air tebu adalah karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. Semua zat tersebut memberikan efek positif bagi kesehatan. Berikut ini 8 manfaat tebu yang harus anda ketahui.

1. Merawat Kulit

Air tebu mengandung asam glikolat yang berfungsi sebagai antioksidan pada kulit. Dengan rutin mengonsumsi air tebu dapat membersihkan radang dan infeksi pada kulit, memperbaiki penampilan kulit, serta meminimalisir tanda-tanda penuaan.

2. Menurunkan Kolesterol

Menurut ahli, dengan mengonsumsi air tebu murni secara teratur dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh, baik kolesterol LDL atau trigliserida. Hal ini tentu juga dapat melindungi kesehatan jantung anda dan mencegah terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

3. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Air tebu mampu merangsang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan lebih efektif mencegah terjadinya infeksi, khususnya pada lambung, hati dan saluran pernapasan. Hal ini mungkin terjadi karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada tebu.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal

Beberapa penelitian melaporkan bahwa mengonsumsi air tebu secara teratur mampu mengurangi risiko terjadinya infeksi pada ginjal dan saluran kemih. Hal ini karena tebu juga memiliki manfaat sebagai detoksifikasi tubuh.

5. Menambah Energi

Glukosa alami yang ada pada air tebu dapat membantu meningkatkan energi pada tubuh, sehingga tubuh tidak mudah merasa lelah. Glukosa dan senyawa elektrolit pada tebu dapat meningkatkan energi dengan mendorong metabolisme tubuh. Selain itu, zat gula menjadi salah satu zat penambah energi paling besar, terutama pada musim panas.

6. Menjaga Kandungan bagi Ibu Hamil

Bagi para ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air tebu dengan teratur. Pasalnya, air tebu mampu meningkatkan metabolisme dan memberikan energi yang sangat penting bagi ibu hamil.

Selain itu, air tebu dapat meningkat sistem kekebalan tubuh secara alami, sehingga ibu dan janinnya tidak mudah terserang penyakit.

7. Kepadatan Tulang

Sumber mineral pada air tebu mampu meningkatkan kadar kalsium, zat besi, magnesium dan mangan pada tubuh. Semua zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk memperkuat struktur tulang. Dengan begitu, air tebu juga bermanfaat dalam pencegahan osteoporosis atau tulang keropos.

Baca Juga:

204 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page