• Redaktur: Audri Rianto

Peran Alkalinitas pada Tambak dan Kolam Ikan


Alkalinitas sangat berperan dalam menjaga kualitas air, terutama dalam budi daya perairan seperti tambak dan kolam ikan. Peran terpenting dari alkalinitas adalah menjaga kestabilan pH air.

Tingkat alkalinitas normal pada budi daya perairan adalah 30-40 mg/liter CaCO3. Kandungan alkalinitas pada tingkat tersebut biasa disebut dengan perairan lunak (soft water). Kadar pH air dengan keadaan seperti itu termasuk normal, yaitu 6-8.

Sumber: informazone.com

Hal tersebut sangatlah baik bagi kolam ikan dan tambak udang. Sehingga produktivitas ikan dan udang tetap terjaga dan menguntungkan.

Jika tingkat alkali di atas 40 mg/liter CaCO3, maka keadaan tersebut dinamakan dengan air sadah (hard water). Kesadahan air juga disebabkan karena kandungan mineral pada air sangat tinggi. Hal ini tentu memengaruhi pH air, dan menjadikan air bersifat basa.

Pada usaha budi daya ikan air tawar, air yang bersifat basa bukanlah air yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan. Tapi, pada budi daya udang, keadaan tersebut bisa dibilang sebagai keadaan ideal. Karena tingkat alkalinitas yang disarankan pada tambak udang adalah 50-150 mg/liter CaCO3.

Demi mendapatkan kondisi air yang baik bagi usaha budi daya perairan anda, sebaiknya anda selalu melakukan pengecekan kandungan alkalinitas secara berkala. Untuk melakukannya, anda membutuhkan sebuah alat yang disebut dengan Alkalinitas Test Kit.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat memadukannya dengan beberapa alat seperti Hardness Test Kit untuk mengukur kadar kesadahan air dan pH Meter Digital untuk mengukur tingkat pH air.

Baca Juga:

#alkalinitastambak #alkalinitaskolam #kadaralkalinitasair

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon