• Redaktur: Audri Rianto

Pengaruh Nitrat Terhadap Kadar Oksigen Terlarut dalam Air


Dalam budi daya perairan, oksigen terlarut merupakan komponen penting yang harus ada di dalam air. Kehadiran oksigen terlarut pada air berfungsi dalam proses pernapasan ikan maupun udang.

Dengan tercukupinya kandungan oksigen terlarut dalam air, maka pertumbuhan dan perkembangan komoditi budi daya perairan semakin baik dan optimal. Sehingga berpotensi menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Sumber: asset.kompas.com

Kadar oksigen terlarut dalam air dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor tersebut adalah tinggi rendahnya unsur nitrat pada air.

Pada keseharian, unsur nitrat memiliki banyak kegunaan, terutama pada sektor pertanian, yaitu sebagai bahan baku pembuatan pupuk urea. Pada sektor perairan, unsur nitrat bukanlah unsur yang beracun bagi ikan maupun udang. Karena hampir semua permukaan air pasti mengandung nitrat.

Meskipun tidak beracun, kadar nitrat memiliki pengaruh dalam pertumbuhan ikan, sebab nitrat yang tinggi dapat menurunkan kadar oksigen dalam air. Semakin sedikit oksigen terlarut dalam air, maka potensi ikan atau udang mati semakin besar.

Pemeriksaan kadar nitrat dalam air secara berkala menjadi usaha awal demi menjaganya tetap dalam keadaan stabil. Ketahui kadar nitrat pada tambak atau kolam ikan anda dengan mengukurnya menggunakan Nitrate Test Kit.

Baca Juga:

#nitrattambak #nitratair

494 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua