• Redaktur: Audri Rianto

Mengontrol Plankton Tambak dengan Secchi Disk


Plankton sangat erat kaitannya dengan tambak. Adanya plankton pada tambak sangat memengaruhi naik turunnya ph. Semakin tercukupi plankton di air, maka pH air akan semakin optimal, begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk selalu mengontrolnya. Pastikan tambak tidak kekurangan atau kelebihan plankton. Adapun alat yang dapat anda gunakan untuk mengontrol kandungan plankton pada tambak adalah Secchi Disk.

Secchi Disk

Sumber: isw.co.id

Secchi Disk memiliki bentuk seperti sebuah lempengan cakram sederhana, dan pada permukaan terdapat warna hitam dan putih.

Pada dasarnya Secchi Disk adalah alat yang digunakan untuk mengukur kekeruhan air tambak. Kekeruhan air pada tambak yang ideal adalah bila udang masih terlihat pada kedalaman 25 sampai 40 cm.

Ciri tambak yang memiliki kandungan plankton yang optimal adalah memiliki air dengan warna hijau. Dari situlah, anda bisa mulai mengukur kekeruhan pada tambak anda dengan Secchi Disk.

Cara penggunaan

Cara penggunaan secchi disk cukuplah mudah, berikut langkah-langkahnya

  • Pertama, pasang Secchi Disk pada tiang maupun tali, kemudian celupkan Secchi Disk perlahan ke dalam air.

  • Kedua, pastikan air tambak memiliki kekeruhan yang optimal, yaitu saat Secchi Disk masih terlihat pada kedalaman 25-40 cm.

  • Ketiga, jika Secchi Disk sudah tidak terlihat pada kedalaman kurang dari 20 cm, maka air tambak anda tergolong terlalu keruh. Air tambak yang terlalu keruh dapat mengakibatkan berkurangnya oksigen terlarut dalam air.

  • Keempat, bila Secchi Disk masih terlihat pada kedalaman lebih dari 60 cm, maka air pada tambak anda terbilang terlalu jernih. Hal ini menandakan bahwa tambak anda kekurangan plankton.

Baca Juga:

#SecchiDisk #mengukurkekeruhanair

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon