top of page
  • Redaktur: Audri Rianto

Budidaya Ikan Jangka Panjang dengan Kolam Geomembrane


Saat ini, kolam terpal menjadi salah satu trik meminimalisir biaya dalam usaha budi daya ikan. Namun, tetap saja penggunaan terpal sebagai kolam ikan masih memiliki banyak kekurangan, di antaranya adalah terpal rentan bocor, tidak tahan panas dan hujan, serta masa pakai yang tidak begitu lama.

Dari kekurangan-kekurangan tersebut, muncullah inovasi baru dengan hadirnya geomembrane.

Sumber: indiamart.com

Geomembrane merupakan lapisan plastik serba guna yang dapat dijadikan kolam untuk budi daya ikan. Di Indonesia sendiri, terdapat 2 jenis geomembrane yang paling dikenal oleh masyarakat, yaitu Geomembrane HDPE dan geomembrane LDPE. Keduanya memiliki perbedaan serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun, yang paling tepat untuk dijadikan sebagai kolam ikan atau tambak adalah geomembrane HDPE, karena terbuat dari polietilen densitas tinggi sehingga membuatnya lebih tahan lama.

Kelebihan lain dari geomembrane HDPE adalah tahan terhadap tusukan, sehingga dapat diterapkan pada tanah jenis apapun, tahan panas, tanah korosi, dan bahkan tahan terhadap zat asam. Maka tak heran jika geomembrane HDPE disebut dapat tahan lebih dari 10 tahun pemakaian.

Dengan menggunakan geomembrane sebagai bahan pembuatan kolam ikan, tentu anda akan sangat hemat karena tidak perlu membuat kolam baru hingga lebih dari 10 kali pemakaian.

Tingkat Kematian Ikan Rendah

Keuntungan yang didapat dalam menggunakan geomembrane sebagai kolam adalah ikan akan lebih sehat. Hal ini karena kolam geomembrane sangat mudah untuk diawasi dan dikontrol, sehingga dapat menghindari serangan hama dan penyakit. Bahkan presentase hidup ikan dapat mencapai 95 persen.

Suhu Air Lebih Stabil

Budi daya ikan dengan menggunakan kolam geomembrane mampu menahan fluktuasi suhu pada kolam. Hal ini berkaitan dengan sifat geomembrane yang tidak menyerap panas.

Ikan Tidak Bau Tanah

Ikan yang dihasilkan dari kolam geomembrane tidak menimbulkan bau tanah bila dibandingkan dengan ikan yang dibudidayakan di kolam tanah. Biasanya, ikan yang tidak bau tanah akan lebih diminati oleh konsumen.

Baca Juga:

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

2.525 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page