• Redaktur: Yos Mo

Ikan Santo Petrus Hidangan Populer di Tepi Danau Galilea


Danau Galilea yang umum juga dikenal sebagai Laut Galilea atau Danau Tiberias merupakan danau air tawar yang posisinya paling rendah di dunia, sekitar 210 meter di bawah permukaan laut.

Danau Galilea yang terletak di Israel mempunyai ukuran panjang kira-kira 21 kilometer dan lebar 11 kilometer yang menjadi sumber air bersih bagi penduduk di kawasan ini.

Di Danau Galilea banyak ditemukan ikan Tilapia (jenis ikan cichlid, salah satu spesiesnya adalah ikan nila).

Ikan Tilapia di Danau Galilea dikenal juga sebagai ikan Santo Petrus, di sana disebut Musht (dalam bahasa Arab berarti ”sisir”). Musht mirip dengan ikan mujair yang banyak terdapat di Indonesia.

Ikan Santo Petrus memiliki sirip punggung yang berbentuk seperti sisir, ukuran panjang terbesarnya sekitar 45 sentimeter dengan berat kira-kira 2 kilogram.

hidangan menu ikan Santo Petrus

Ikan Santo Petrus merupakan merupakan salah satu hidangan menu terpopuler restoran di tepi Laut Galilea. Ikan Santo Petrus lezat apabila digoreng dalam keadaan segar.

Bagaimana asal-usul nama dari ikan Santo Petrus?

Dalam kisah Alkitab diceritakan Yesus Kristus memanggil 4 orang nelayan Laut Galilea menjadi murid, yaitu Simon Petrus (Peter), Andreas (Andrew), Johannes (John), Jakobus (James).

aktivitas nelayan di Danau Galilea/ swodsoftruth.com

Suatu ketika, Yesus menyuruh Petrus pergi ke laut Galilea untuk menangkap ikan. Petrus lalu melemparkan jala, mengambil ikan pertama yang muncul. Di dalam mulut ikan yang ditangkap, Petrus menemukan uang logam yang digunakan untuk membayar pajak bait. Julukan ”ikan Santo Petrus” bermula dari peristiwa ini.

ikan Santo Petrus yang baru ditangkap nelayan/ foto: Ferrell Jenkins Travel

Danau Galilea dalam kisah Alkitab adalah lokasi terjadinya beberapa mukjizat. Yesus diceritakan menenangkan angin badai dan berjalan di atas air laut Galilea. Di lokasi dekat tepi danau, Yesus mengubah dua ekor ikan dan lima roti menjadi makanan untuk lima ribu orang.

Petrus sang nelayan murid Yesus sudah tiada hampir 2000 tahun silam, tapi ikan Santo Petrus yang dijala oleh Petrus sang nelayan dan disantap oleh Yesus dan murid-murid lainnya, dapat disantap oleh kita pada saat ini jika mengunjungi restoran di tepi Danau Galilea.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT IKAN NILA

Segenap karyawan ISW Group mengucapkan Selamat Paskah kepada umat Kristiani yang memperingatinya.

Ada kasih. Ada pengorbanan. Ada kemenangan. Ada harapan baru. Damai di Bumi Kegelapan telah dikalahkan-NYA. Sukacita dalam keselamatan.

#ikantilapia

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon