top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Pemeliharaan Udang Vaname Pola Tradisional


Pada budidaya udang vaname pola tradisional tanpa pakan tambahan dan hanya mengandalkan pupuk susulan 10 % dari pupuk awal, padat tebar udang 1-7 ekor/m2.

Penebaran benur udang vaname sebaiknya dilakukan 7-10 hari setelah pemupukan karena pada saat itu plankton yang merupakan pakan alami sudah tumbuh dengan baik.

Benur udang vannamei yang ditebar adalah PL 10- PL 12 seberat 0,001 gram/ekor. Benih vaname yang digunakan sebaiknya diperoleh dari hatchey yang telah mendapatkan rekomendasi SPF (Specific Pathogen Free).

dokumentasi: Hotler Panjaitan

Kriteria benih udang vaname yang baik yaitu mempunyai organ insang sempurna, ukuran seragam, bagian tubuh bening dan usus terlihat jelas, benih berenang melawan arus.

Selama pemeliharaan, dilakukan pengawasan kualitas air setiap hari. Probiotik diberikan seminggu sekali untuk menjaga kestabilan plankton dalam tambak.

Kualitas air optimal dalam pembesaran udang vaname adalah salinitas 10-25 ppt, suhu air 28-31 derajat Celsius, pH 7,5-8,2, oksigen > 4 ppm, H2S <0,003 ppm, amoniak <0,1 ppm.

Pakan tambahan diberikan pada udang setelah hari ke-70, karena pada saat ini pakan alami (plankton) sudah berkurang. Dosis pakan yang diberikan 5 % dari biomassa udang dengan frekuensi pemberian 3 kali/sehari pada jam 7 pagi, 4 sore, dan 10 malam.

Sebelum umur pemeliharaan udang mencapai 60 hari, hanya dilakukan penambahan air di tambak sebanyak yang hilang akibat proses penguapan atau rembesan.

Setelah udang berumur lebih dari 60 hari, pergantian air dilakukan dengan volume pergantian 10 persen dari volume toal. Pada bulan berikutnya hingga panen, volume pergantian air ditingkatkan mencapai 15-20 %.

Panen udang dapat dilakukan setelah umur pemeliharaan 100 hingga 110 hari. Sebelum panen dilakukan, diberikan kapur dolomit sebanyak 80 kg/ha pada ketinggian tambak 1 m, juga tidak melakukan pergantian air selama 2-4 hari agar udang tidak mengalami molting saat pemanenan.

Direkomendasikan panen dilakukan pada malam hari untuk mengurangi resiko kerusakan mutu udang, karena udang hasil panen sangat peka terhadap sinar matahari.

(diolah dari materi penyuluhan Lia Yulianti, S.Pi -"Budidaya Udang Vannamei Dengan Pola Tradisional Plus" )

INFORMASI TERKAIT BUDI DAYA UDANG VANAME

jual aerator tambak

Hubungi Customer Sales Representative kami di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

6.149 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page