top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Inovasi Alat Pengering Kista Artemia

Diperbarui: 4 Mei 2023


Artemia masih belum dapat tergantikan oleh jenis pakan lainnya sebagai sumber pakan hidup yang paling baik bagi benih udang dan ikan.

Kelebihan penggunaan artemia sebagai pakan hidup adalah sangat baik daya hidup (Survival Rate) udang dan ikan,. Artemia juga mempercepat pertumbuhan induk, kematangan gonad dan jumlah telur udang.

Kebutuhan artemia di Indonesia sebagian besar masih dipenuhi dari impor. Ketergantungan akan impor artemia disebabkan oleh masih terbatas teknologi pengembangbiakan artemia di Indonesia.

kista Artemia

foto Artemia/ shutterstock

Untuk mengatasi kendala penetasan kista artemia kering yang teknologinya saat ini masih terbatas di Indonesia, peneliti dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan yang terdiri dari Bagus Sediadi Bandol Utomo, Singgih Wibowo, dan Th Dwi Suryaningrum membuat inovasi alat pengering kista artemia.

Alat pengering kista artemia yang dibuat adalah tipe drum berputar (rotary drum dryer) yang dapat meningkatkan daya tetas kista artemia kering hingga lebih dari 70 persen, melalui proses pengeringan dalam waktu kurang dari 8 jam, hingga mencapai kadar air kurang dari 10 persen.

Alat pengering kista artemia tipe drum berputar (rotary drum dryer) ini diharapkan dapat digunakan di daerah-daerah pertambakan yang membudidayakan artemia, skala kecil maupun besar.

BACA JUGA INFO TERKAIT ARTEMIA

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi HP: 0821 6844 3388

233 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page