• Redaktur: Yos Mo

SNI Pakan Ikan Terintegrasi dengan Indonesian Good Aquaculture Practices


Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mulai memberlakukan kewajiban pembuatan SNI (Standar Nasional Indonesia) pada produk pakan ikan, termasuk pakan yang diproduksi kelompok peternak ikan budidaya secara mandiri.

SNI Pakan Ikan wajib ini sedianya dilakukan pada tahun 2016 silam, namun waktunya dimundurkan ke tahun 2017.

Sertifikasi produk pakan ikan harus dilakukan, mengingat pakan ikan harus memenuhi standar kandungan protein dan kesehatan untuk budidaya ikan.

Wajib SNI pakan ikan juga bertujuan untuk melindungi pakan ikan mandiri dari produk pakan impor pasca diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Melalui keterangan resmi Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Soebjakto, disampaikan bahwa berbagai sertifikasi bidang perikanan budidaya akan diintegrasikan ke dalam INDOGAP (Indonesian Good Aquaculture Practices).

INDOGAP bakal menjadi trademark Indonesia dalam sertifikasi dan standardisasi di sektor perikanan budi daya.

Indonesian Good Aquaculture Practices merupakan persyaratan kegiatan budidaya ikan yang menjamin keamanan pangan, mutu produk perikanan budidaya secara kontinyu, dan keberlanjutan kegiatan usaha perikanan budidaya ramah lingkungan.

Manfaat INDOGAP bukan hanya sebagai standar bagi produk perikanan budidaya yang beredar di Indonesia, juga sebagai persyaratan untuk tingkatkan kemampuan saing produk perikanan Indonesia di pasar lokal, regional, maupun internasional.

KKP bersama BSN (Badan Standardisasi Nasional) telah menandatangani perjanjian kerja sama untuk akreditasi lembaga penilaian kesesuaian di bidang perikanan budi daya.

Pendampingan penyusunan standar telah diberikan BSN sehingga setiap tahapan telah menghasilkan SNI perikanan budidaya yang sesuai dengan standar dan aturan serta kepentingan nasional, juga prinsip dan aturan internasional..

BERBAGAI INFORMASI TERKAIT PAKAN IKAN

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

#pakanikan #Akuakultur

351 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon