top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Isu Strategis Perikanan Budidaya Terkini Dibahas Kemenko Kemaritiman


Isu strategis perikanan budidaya dibahas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dalam rapat koordinasi dan Sinkronisasi Pembahasan Pengembangan Budidaya Perikanan Nasional Tahun 2017-2019, mengenai percepatan terbitnya Rencana Peraturan Pemerintah (RPP) mengenai Pembudidayaan Ikan.

Isu strategis perikanan budidaya yang dibahas yaitu bahan baku pakan yang sebagian besar masih impor, dan harga pakan yang masih tinggi.

Isu perikanan lainnya yang masuk pembahasan adalah permasalahan terbatasnya ketersediaan benih bermutu tinggi, serta permasalahan mengenai perbenihan induk unggul tidak tersebar secara merata.

benur udang

benih benur udang/ foto: indiamart.com

Sebagai solusi pada masalah tersebut, pihak Kemenko Bidang Kemaritiman akan melakukan rencana aksi bantuan 200 paket mesin produksi pakan.

Selain itu, Kemenko Kemaritiman juga akan melaksanakan rencana aksi bantuan 100 Juta Ekor benih, yang terdiri dari 75 % benih komoditas air payau, 23 % benih komoditas air tawar, dan 2 % benih komoditas laut.

Asisten Deputi Sumber Daya Hayati Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Andri Wahyono, menjelaskan bahwa dari 42 Permen yang diamanatkan oleh RPP Pembudidayaan Ikan, akan disimplifikasi menjadi 9 Permen KP.

Karena itu, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan perlu segera menyiapkan draft sembilan Permen yang dimaksud, sesuai dengan langkah-langkah yang tertuang dalam Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional (Perpres No. 3 tahun 2017).

Baca Juga Informasi Lain Terkait Budidaya Perikanan

jual campuran pakan ikan

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Cherrie Gisela

0812 6083 0602

1.596 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page