• Redaktur: Yos Mo

Cara Mudah Mengetahui Plankton di Tambak Mati atau Tidak


Plankton yang berguna baik bermanfaat sebagai pakan alami ikan. Keberadaan plankton di tambak juga berpengaruh terhadap pH air.

Salah satu penyebab penurunan kualitas air di tambak adalah ketidakseimbangan bakteri dan plankton. Mikroorganisme tersebut mempunyai peranan penting dalam menjaga keseimbangan kualitas air.

Plankton yang berguna baik berfungsi sebagai pakan alami ikan. Keberadaan plankton di tambak berpengaruh pula terhadap pH air. Sedangkan bakteri pengurai yang terdapat di tambak berperan untuk menguraikan limbah organik terlarut.

Tambak udang di Provinsi Lampung (Foto: antaralampung.com/ M.Tohamaksun)

Kelebihan pemberian pakan pada udang di tambak menyebabkan meningkatnya limbah organik yang memicu kematian massal plankton. Saat plankton mati secara massal, pH air tambak/kolam akan turun drastis sehingga bahan organik akan meningkat dan mengurangi kadar oksigen. Akibatnya bakteri jahat akan berkembang pesat di tambak, dan gas beracun akan keluar semua di dalam tambak.

Ada cara mudah untuk mengetahui apakah plankton di tambak mati atau tidak. Caranya dengan mengambil sampel air dari tambak, lalu dimasukkan ke dalam botol bekas.

Apabila warna sampel air tidak berubah setelah dimasukkan ke dalam botol selama 30 menit, maka terindikasi plankton masih hidup normal. Sedangkan apabila sampel air dalam botol berubah menjadi bening, maka bisa disimpulkan plankton di perairan sudah mati.

Apabila terindikasi plankton yang bermanfaat mulai berkurang di tambak, maka segera lakukan upaya penumbuhan plankton tersebut dengan cara membersihkan dasar tambak dari limbah organik yang bersifat racun.

Untuk mengontrol keseimbangan plankton di tambak, perlu dilakukan pengontrolan manajemen pakan, serta mengatur keberadaan oksigen agar tersedia cukup di tambak dengan menggunakan kinicir air atau jet aerator.

BACA JUGA INFORMASI TERKAIT PENGELOLAAN TAMBAK

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Cherrie Gisela

0812 6083 0602

#plankton #fitoplankton #overbloomingtambak

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon