top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Pemprovsu Tebar Puluhan Ribu Benih Ikan di Danau Toba


Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melakukan kegiatan tebar puluhan ribu benih ikan di Danau Toba, Rabu (22/3/2017). Penebaran benih ikan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi yang didampingi sejumlah Bupati di kawasan Danau Toba.

Ikan yang disebar jenis Nilem (Paitan) dan Tawes hasil penangkaran Dinas Perikanan dan Kelautan Provsu yang merupakan bagian dari target restocking satu juta benih di perairan Danau Toba pada tahun 2017.

Gubsu Tengku Erry Nuradi berharap 15 ribu benih ikan tawes dan 30 ribu benih ikan nilem yang ditebar di Danau Toba bisa berkembang biak dengan baik.

ikan Danau Toba

Gubsu Tengku Erry Nuryadi sedang menebar benih ikan di Danau Toba

Gubernur Sumut juga mengajak elemen masyarakat dan pemangku kepentingan untuk menjaga kelestarian lingkungan perairan Danau Toba agar ikan-ikan dapat tempat yang layak untuk tumbuh dan berkembang.

"Lingkungan yang jelek akan membuat habitat ikan-ikan terganggu," ujar Gubsu Erry.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut, Zonny Waldi menjelaskan bahwa ikan tawes dan ikan paitan merupakan jenis ikan asli (endemik) Danau Toba yang keberadaannya sudah hampir punah. Dinas Perikanan dan Kelautan Semut mengambil indukan tawes dan paitan untuk ditangkarkan dan dikembangbiakkan.

Zonny Waldi mengungkapkan Jenis ikan endemik yang ditebar tersebut adalah pemakan plankton, juga pemakan muntahan ikan budidaya Keramba Jaring Apung (KJA), sehingga dapat memperbaiki kualitas air di kawasan Danau Toba.

Saat ini pemerintah sedang berupaya memperbaiki kualitas lingkungan perairan Danau Toba dalam upaya mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Danau Toba. Salah satu persoalan yang dihadapi tingginya produksi KJA di perairan Danau Toba yang menyebabkan kualitas perairan menurun atau tercemar.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Kementerian Perikanan dan Kelautan, LIPI dan BLH Sumut serta beberapa pakar sudah menyepakati tingkat produksi perikanan KJA tahun 2017 yang diizinkan maksimum 50 ribu ton ikan per tahun.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224 Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

82 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page