top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Petambak Udang Vaname di Lampung Selatan Merugi Akibat Serangan Virus Myo


Petambak udang Vaname di Lampung Selatan merugi hingga puluhan juta rupiah akibat serangan virus Myo. Udang vaname dengan ukuran 75 centi meter yang baru berumur sekitar 80 hari terkena virus myo (Infectious Myo Necrosis Virus/IMNV) dengan ciri-ciri mengalami bercak-bercak merah pada bagian ekor, akibatnya sebagian mulai mati.

Ada belasan pemilik hektaran tambak udang Vaname di Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan terpaksa melakukan panen dini agar tidak rugi lebih besar.

Udang Vaname Lampung

Tambak udang di Provinsi Lampung (Foto: antaralampung.com/M.Tohamaksun)

Petambak setempat mensinyalir timbulnya virus Myo akibat fluktuasi cuaca. Perubahan iklim dari hujan bercurah tinggi ke kondisi cuaca panas terik yang terjadi di Lampung Selatan berakibat suhu perairan tambak berubah cepat dan memicu stres pada udang, sehingga daya tahan tubuh udang menurun.

Petambak bernama Budi mengaku hanya dapat memanen udang vaname sebanyak 3 kwintal dari luas tambak 1.000 meter. Padahal, normalnya ia bisa mendapat panenan sebanyak 1,5 ton. Dalam kondisi normal, udang dipanen pada usia 120 hari. Karena serangan virus Myo, Budi terpaksa melakukan pemanenan pada udang yang masih berumur 80 hari.

Panen dini mengakibatkan petambak merugi puluhan juta rupiah. Harga jual udang biasanya mencapai 85 ribu rupiah per kilogram untuk ukuran 75 centi meter, namun akibat kualitas udang menurun akibat virus, harga jual hanya sebesar Rp. 50.000/kg.

Di Kecamatan Sragi, Lampung Selatan, para petambak terpaksa melakukan panen dini akibat air sungai Way Sekampung meluap. Petambak bernama Devi mengaku memanen dini udang vaname miliknya yang mulai tergenang air sungai untuk menghindari kerugian lebih besar.

Devi terpaksa memanen udang yang masih berukuran 40 centi meter, padahal biasanya dia melakukan panen udang vaname ukuran 50 centi meter. Devi juga harus menggunakan mesin pompa diesel saat panen untuk mengurangi volume air di tambak yang tergenang banjir.

BACA JUGA INFORMASI TERKAIT

Hubungi Customer Sales Representative kami

di Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496


364 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page