top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Berbagai Alat yang Dipakai untuk Pemijahan Ikan Air Tawar


Agar budidaya perikanan bisa berkelanjutan, diperlukan ketersediaan benih yang berlimpah. Seiring perkembangan teknologi, saat ini sudah dipraktekkan berbagai metode modern dalam pemijahan ikan air tawar untuk mendapatkan benih berkualitas, salah satunya adalah dengan menyuntikkan hormon reproduksi pada ikan.

Berbagai alat yang dipakai untuk pemijahan ikan air tawar juga sudah lebih modern dibandingkan alat-alat tradisional semisal bambu dan kayu yang dahulu umum digunakan.

pemijahan ikan air tawar

kolam pemijahan ikan lele/ dokumentasi lele sangkuring Tangerang Farm

Beberapa alat yang dipakai untuk pemijahan ikan air tawar, yaitu :

  • Kakaban yang berfungsi sebagai tempat menempelnya telur yang dikeluarkan oleh induk. Telur yang menempel pada kakaban dibiarkan menetas menjadi larva ikan. Kakaban ditaruh pada dasar kolam dan diberikan pemberat agar tidak mengapung. Cara membuat kakaban mudah dan murah, hanya menyiapkan ijuk yang dijepit pada kedua sisi dengan bilah bambu.

  • Hapa (jaring kelambu) yang fungsinya sebagai tempat penampungan sementara indukan dan benih ikan sebelum dipindahkan ke tempat lain,

  • Penyaring air yang fungsinya untuk menahan berbagai kotoran yang terdapat dalam air sebelum dialirkan ke dalam kolam pemeliharaan, agar kualitas air bagus terbebas dari kotoran dan endapan.

  • Selang untuk mengalirkan air dari tempat penampungan ikan ke kolam pemeliharaan. Selang air dapat difungsikan juga sebagai alat dalam proses pembersihan dan pengurasan kolam, serta saat melakukan penyiponan dasar kolam.

  • Seser terbagi dua jenis, yaitu seser kasar dan seser halus. Seser dipakai untuk menangkap ikan. Seser kasar buat menangkap ikan berukuran besar, sedangkan seser halus buat menangkap ikan berukuran kecil.

  • Ember Grading yang berlubang-lubang pada dasarnya, berfungsi sebagai wadah menyeleksi benih ikan berdasarkan ukuran. Memakai ember grading membuat ikan yang diameter tubuhnya lebih kecil dari lubang bakal lolos, sehingga bakal tertangkap ikan yang berdiameter lebih besar dari lubang.

  • Alat analis kualitas air diperlukan dalam pemijahan ikan air tawar agar bisa didapatkan benih yang berkualitas. Alat analisis yang diperlukan, antara lain DO Meter, pH Meter, Secchi Disk.

Alat analisis kualitas air

BACA JUGA INFORMASI LENGKAP TERKAIT

jual hormon pemijahan ikan

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan:

Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

18.395 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page