top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Alat untuk Mengukur Kadar Amonia dalam Air Tambak

Diperbarui: 4 Mei 2023


Dari semua parameter kualitas air yang mempengaruhi udang dan ikan, kontrol tingkat kadar amonia merupakan yang paling penting setelah oksigen, terutama dalam tambak intensif dan semi intensif.

Amonia dapat menjadi racun bagi udang/ikan jika dibiarkan menumpuk di tambak dalam jumlah banyak. Kadar amonia dalam larutan air di atas 0,1 ppm berakibat hewan air mati.

kadar amonia dalam air

Sumber utama amonia di dalam air tambak adalah ekskresi ikan. Saat ekskresi, jumlah amonia yang dikeluarkan oleh ikan selaras dengan kuantitas dan kualitas protein di dalam pakan.

Amonia di dalam kolam atau tambak juga berasal dari difusi dan sedimen. Bahan organik yang diproduksi oleh alga kemudian masuk ke kolam. Padatan feses hasil ekskresi ikan dan bahan organik tadi, plus ganggang yang mati, akan membusuk. Dekomposisi bahan organik ini menghasilkan amonia, yang berdifusi dari sedimen ke kolom air..

Untuk mengukur kadar amonia dalam lingkungan perairan, dapat menggunakan Ammonia Test Kit merk Hanna HI3824-025 yang dapat diaplikasikan untuk air tawar dan air laut.

Ammonia Test Kit

Ammonia test Kit HI3824-025 menggunakan teknik kolorimetri untuk mengukur kadar amonia dalam air. HI 3824-025 Ammonia test kit juga dilengkapi dengan gelas plastik ukuran 20 ml, kubus untuk perbandingan warna, 20 ml reagen amonia dan 20 ml reagen Nessler berkualitas tinggi yang ditandai dengan nomor lot dan tanggal kadaluarsa, sehigga pengguna mendapatkan ukuran yang akurat secara cepat.

Pengendalian amonia dalam air tambak merupakan masalah yang cukup kompleks dalam budidaya ikan, karena ikan sangat sensitif terhadap perubahan mendadak yang terjadi di air. Menghilangkan amonia tak boleh dilakukan secara drastis karena dapat mengubah pH Air.

Terdapat beberapa cara untuk menurunkan kadar amonia dalam air tambak/kolam, yaitu mengurangi kuantitas pakan ikan, meningkatkan aerasi di tambak, pengapuran kolam, pemupukan dengan fosfor, meningkatkan kedalaman kolam, dan lain-lain.

BACA JUGA INFO TERKAIT PENGELOLAAN TAMBAK


Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Telp: 061 4571 224


8.453 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page