top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Ini yang Membuat Warna Udang Berubah Setelah Dimasak


Udang salah satu hewan air yang jadi bahan masakan favorit bagi banyak orang karena rasanya gurih dan agak manis. Setelah dimasak, warna udang berubah dari abu-abu kehitaman menjadi berwarna kemerahan.

Tentu Anda pernah bertanya, apa yang membuat warna udang berubah setelah dimasak? Ini penjelasannya.

Udang termasuk hewan crustacea (bercangkang), sama halnya dengan kepiting dan lobster. Pada umumnya hewan crustacea memiliki pigmen paling dominan di eksoskeleton (kulit terluar), yaitu pigmen astaxanthin yang menghasilkan warna merah.

warna udang berubah setelah dimasak

Sebenarnya udang memiliki berbagai pigmen lain berwarna biru, hijau, kuning, cokelat dan abu-abu. Pada saat udang masih mentah, pigmen astaxanthin terikat dengan protein, sehingga warna udang tampak abu-abu kehitaman.

Ikatan rantai protein dengan astaxanthin yang disebut crustacyanin ini akan rusak atau mengalami denaturasi apabila terkena proses pemanasan saat dimasak. Pigmen astaxanthin tetap stabil walau terkena panas, sehingga pigmen warna merah pada udang jadi terlihat jelas.

Itulah penjelasan mengapa udang, maupun hewan crustacea lainya seperti kepiting dan lobster berubah warna setelah dimasak. Warna merah pada udang yang telah dimasak bakal membuat orang menjadi tergoda buat menyantapnya.

INFORMASI LAIN TERKAIT UDANG

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

880 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page