• Redaktur: Yos Mo

Pemerintah Banyuwangi Pacu 100 Ribu Kolam Ikan Tawar


Pada tahun 2012, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mencetuskan gerakan 10 ribu kolam ikan air tawar untuk menaikkan pendapatan dan gizi masyarakat setempat. Program 10 ribu kolam tersebut kini telah menuai hasil positif, banyak masyarakat Banyuwangi kini jadikan budidaya ikan sebagai sumber ekonomi dengan memanfaatkan sisa lahan pekarangan sebagai kolam dan sisa makanan sebagai pakan ikan.

Saat ini telah terdapat 13.215 kolam ikan air tawar di Banyuwangi yang dapat menghasilkan 3.700 ton ikan dengan potensi pendapatan sebesar 50 miliar rupiah.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (baju putih) saat panen ikan lele di Desa Jambesari

/ foto: tribunnews.com

Keberhasilan program 10 ribu kolam air tawar membuat pemerintah Banyuwangi berniat untuk memacu perkembangan perikanan budidaya oleh masyarakat. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azar Anas mencanangkan gerakan 100 ribu kolam ikan air tawar. Anas menilai Banyuwangi masih memiliki potensi sumber daya air tawar yang berlimpah.

Beberapa kecamatan di Banyuwangi memiliki sumber daya air melimpah yang potensial bagi pengembangan program 100 ribu kolam, seperti Kecamatan Glenmore, Kalibaru, Sempu, Songgon, Glagah, dan Licin.

Supaya program 100 ribu kolam terwujud, pihak pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah menyiapkan beberapa program, diantaranya adalah Program Gema Pamili (Gerakan Masyarakat Pangan Mina Lestari). Gema Pamili ini mendorong masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga dari pekarangan sendiri.

Dinas Perikanan Kelautan dan Ketahanan Pangan (Disperipangan) Banyuwangi,turut mendukung program 100 ribu kolam dengan menyiapkan sejumlah cara menarik. Misalnya dengan mengadakan lomba desa dengan kolam air tawar yang menyertakan sekolah-sekolah untuk mengikutinya. Desa yang memenangkan lomba akan mendapat hadiah laptop dan piagam Bupati Banyuwangi.

Dinas Perikanan Kelautan dan Ketahanan Pangan (Disperipangan) Banyuwangi,turut mendukung program 100 ribu kolam dengan menyiapkan sejumlah cara menarik. Misalnya dengan mengadakan lomba desa dengan kolam air tawar yang menyertakan sekolah-sekolah untuk mengikutinya. Desa yang memenangkan lomba akan mendapat hadiah laptop dan piagam Bupati Banyuwangi. .

Kabupaten Banyuwangi merupakan daerah kabupaten dan kota se Indonesia terbaik tahun 2016. Kabupaten Banyuwangi merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang mendapatkan nilai terbaik alias A pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2016. Hal ini menjadi pertanda positif bahwa program 100 ribu kolam dapat terwujud di Banyuwangi karena pemerintah setempat berkinerja bagus.

ARTIKEL TERKAIT BUDIDAYA IKAN

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

#kolamikanbanyuwangi #budidayaikanairtawar

123 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon