top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Menentukan Jumlah PK Kincir Tambak Udang


Menentukan jumlah PK kincir tambak udang didasarkan atas target produksi. Semakin besar target produksi, semakin banyak pula PK kincir yang diperlukan.

Kincir merupakan peralatan yang sangat dibutuhkan untuk mengendalikan kandungan oksigen di tambak agar tetap stabil. PK adalah satuan yang digunakan untuk mengukur daya kincir tambak.

pk kincir tambak udang

tambak udang vaname Dusun Motong Sumbawa/ foto: kompas.com

PK merupakan singkatan dari kata dalam bahasa Jerman, Paarden Kracht, yang dalam bahasa Indonesia berarti Daya Kuda (DK). Sebutan lain dari PK dalam bahasa Inggris adalah Horse Power(HP). 1 PK (HP) setara dengan daya sebesar 735.5 hingga 745.7 watt.

Pada umumnya, 1 PK kincir tambak bisa menopang kehidupan biomassa sebanyak 450 sampai 600 kilogram udang. Contoh cara menentukan jumlah PK kincir tambak udang, yaitu dalam satu petak tambak yang mempunyai tingkat biomassa sebesar 5 ton udang maka perlu dipersiapkan sebanyak 10 hingga 11 PK kincir di petak tambak tersebut. Operasional kincir bergantung pada kadar oksigen terlarut air tambak sehingga parameter air harus selalu dipantau.

Di ISW kami menyediakan kincir air tambak Olimpia yang hemat energi, spesifikasi 1 dan 2 HP (PK) dengan jumlah motor 1 phase dan 3 phase. Pada kincir air tambak Olimpia terbuat pelampung berbahan plastik HDPE (high density polyethylene).

Baca Juga:

Hubungi Sales Representative kami.

HP: 0823 6063 6356 / 0823 8382 6661

Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia

5.348 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page