• Redaktur: Yos Mo

Tips Cegah dan Pengobatan Penyakit Lele


Pada umumnya faktor penyebab penyakit lele adalah kondisi air kolam tidak bagus dan pemberian pakan yang berlebihan. Penyakit lele yang sering terjadi dalam kolam budidaya yaitu aeromonas.

Akumulasi sisa pakan yang menumpuk di dasar kolam tercampur dengan amoniak mengakibatkan kualitas air jadi tidak baik. Kadar amoniak yang tinggi menyebabkan ikan lele terserang penyakit. Sebagai indikator sederhana, apabila warna air kolam agak kemerah-merahan merupakan pertanda ikan lele terkena penyakit.

Penyakit aeromonas membuat ikan lele berkurang nafsu makannya. Pada tubuh ikan lele yang terjangkit aeromonas bakal ditemukan bercak-bercak kuning di leher, insang berwarna pucat, ada bercak-bercak merah pada permukaan tubuh atau pada pangkal sirip. Pada akhirnya lele tiba-tiba mati dalam keadaan menggantung.

foto dokumentasi pulse.com

Perlu penanganan yang tepat untuk cegah penyakit lele, ketimbang harus mengobati. Untuk cegah penyakit lele, sebaiknya pembudidaya memberikan vaksinasi kepada lele sebelum ditebar di kolam pembesaran. Biaya untuk vaksinasi aeromonas relatif murah.

Agar tidak mudah terserang penyakit, kesehatan ikan lele dapat ditingkatkan dengan memberikan imunostimulan (senyawa yang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh). Imunostimulan herbal yang baik buat ikan lele adalah bawang putih.Pemberian tepung bawang putih dicampurkan dengan pakan lele.

Pada lokasi budidaya lele yang mempunyai persediaan air melimpah dianjurkan untuk rutin melakukan sifon pada dasar kolam agar sisa pakan, amoniak dan H2S terbuang. Sifon dapat dilakukan satu atau dua minggu sekali, tergantung pada sisa pakan.

Apabila ikan lele sudah terlanjur terserang penyakit, sebaiknya dilakukan pergantian air pada kolam. Ikan lele yang terserang penyakit diberikan obat semacam Methylene Blue.

Jika penyakit lele sudah sangat parah, segera dikuras habis air kolam. Lele pun harus dipindahkan kolamnya. Seandainya lele sudah berukuran cukup besar, lebih baik dilakukan pemanenan dini..

INFORMASI TERKAIT BUDIDAYA IKAN LELE

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up. Cherrie Gisela

0812 6083 0602

#budidayaikanlele #tipsternaklele #PenyakitpadaIkanLele

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon