• Redaktur: Yos Mo

Kelebihan Budidaya Ikan di Kolam Terpal


Beragam macam media untuk berbudidaya, salah satunya adalah budidaya ikan di kolam terpal. Cara budidaya ikan di kolam terpal sedang populer, banyak diterapkan oleh para petani, karena praktis dan biayanya murah.

Berikut beberapa kelebihan budidaya ikan di kolam Terpal :

Kolam Terpal Dapat Diaplikasikan pada Daerah Kurang Air

Budidaya ikan pada kolam tanah di daerah pesisir pantai atau daerah lain yang tanahnya porous dihadang kendala berkurangnya air karena meresap ke tanah. Karena itu cara budidaya menggunakan media terpal sangatlah cocok bagi pembudidaya yang tinggal di pesisir pantai.

Budidaya Ikan Di Kolam Terpal

foto kolam terpal bulat/ jualo.com

Suhu Air di Kolam Terpal Lebih Stabil

Pengalaman para pembudidaya ikan yang sudah mengaplikasikannya telah membuktikan kolam terpal mampu menahan fluktuasi suhu kolam yang biasa terjadi saat perubahan musim. Rahasianya terletak pada alas sekam yang ditebar sebelum terpal tersebut dipasang.

Ikan Tidak Berbau Tanah

Hal ini sangat berbeda dengan kolam tanah, biasanya ikan hasil panen kadang berbau lumpur. Untuk budidaya kolam terpal ini ikannya sama sekali tidak berbau lumpur.

Panen Lebih Mudah

Untuk yang satu ini pasti anda juga mengerti. Karena kolam terpal tidak membutuhkan lahan yang luas dan tidak ada banyak tanah di bawahnya. Jadi untuk panen juga sangat praktis.

Pengelolaan Lebih Cepat

Untuk proses pembersihan dan pengeringan kolam terpal lebih cepat dibandingkan kolam tanah. Kolam tanah umumnya memerlukan waktu 2 sampai 7 hari untuk proses pengeringan. Sedangkan kolam terpal hanya membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 hari untuk proses pengeringan.

Lebih Mudah Dibersihkan

Budidaya ikan kolam tanah pada umumnya jarang dibersihkan, kotoran ikan dan sisia-sisa pakan menumpuk di kolam. Sisa pakan dan kotoran ikan ini akan menghasilkan amonia dan hidrogen sulfida yang bersifat racun bagi ikan. Untuk budidaya kolam terpal ini sisa-sisa pakan dan kotoran lebih mudah untuk dibersihkan dengan cara disedot.

Jarang Ada Hama dan Penyakit

Hama yang memangsa ikan atau benih jarang ditemui di kolam terpal. Selain itu juga ikan yang dibudidayakan di kolam terpal ini relatif jarang terserang penyakit.

ARTIKEL TERKAIT BUDIDAYA IKAN

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224

Up.Bima Apriandi Telp: 0821 6844 3388

#budidayaikan #kolamterpal

569 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua