top of page
  • Redaktur: Yos Mo

Tips Memilih Bibit Ikan Berkualitas


Memilih bibit ikan berkualitas merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai usaha berbudidaya. Faktor awal penentu berhasil tidaknya suatu proses budidaya hingga menjelang masa panen adalah penyediaan bibit ikan berkualitas dan sehat, sehingga hasil panen sesuai dengan apa yang diharapkan.

Banyak faktor penentu untuk mendapatkan bibit/benur yang baik, mulai dari pembelian dari agen terpercaya atau minimal kita tahu benar bagaimana si peternak benih membudidaya benur ikan.

Benih Ikan Berkualitas

foto benih ikan: jurgenfreud.photoselter.com

Berikut tips memilih bibit ikan berkualitas

  • Perhatikan apakah bibit ikan aktif berenang di dalam air. Sedangkan benur udang harus mampu melawan arus.

  • Pilihlah bibit yang ukurannya seragam.

  • Ciri umum bibit yang sehat dapat di lihat dari bentuk ekornya, seperti bentuk ekor yang normal, cepat terbuka, lebar dan tebal.

  • Pilihlah bibit yang terjamin penjualnya, kualitasnya dan bebas dari penyakit, tidak apa agak mahal asal tidak merugikan nantinya..

Sebelum bibit ikan di tebar, ada baiknya perlu mengadaptasikan bibit tersebut dengan kondisi air di dalam kolam, yaitu dengan cara stimulasikan bakteri probiotik ascorbic acid di air untuk kesan lingkungan alami ikan/ udang.

Berikan pakan dengan ukuran sesuai masa ternak, multivitamin untuk merangsang nafsu makan.Cek kualitas lingkungan air yang mendukung tingkat kelangsungan hidup ikan yang ada di kolam/tambak.

Apabila terdapat pertumbuhan tidak merata atau nafsu makan ikan berkurang, tambahkan multivitamin ke pakan dengan dosis 5gr/kg pakan. Dan juga bisa ditambahkan suplemen spirulina untuk menjaga kesehatan dan kekebalan ikan.

Baca Juga:

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224 Up. Teguh Raharjo

0812 6065 5496

5.303 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page