top of page
  • Redaktur: Maulina Siregar

Tahun Depan KKP Bangun Pabrik Pakan di Belawan


Tahun 2017, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan merealisasikan pembangunan pabrik pakan di Belawan, Sumatera Utara. Proyeksi pembangunan ini termasuk berat mengingat adanya anggaran yang dipotong. Untuk tahun 2017, anggaran total yang dialokasikan untuk KKP hanya senilai Rp 9,7 triliun. Sementara sektor yang akan dimaksimalkan adalah perikanan tangkap dan budidaya. Jika dirunut lagi, untuk sektor perikanan budidaya anggaran yang dialokasikan hanya Rp 1,03 triliun.

Belawan dijadikan lokasi pembangunan pabrik pakan mengingat di sana stok ketersediaan tepung ikan serta kerang sebagai bahan baku tambahan sangat cukup. Direncanakan pabrik pakan tersebut akan memproduksi 1.800 ton per tahun. Dana yang diinvestasikan untuk pembangunan pabrik pakan di Belawan sebesar Rp 27 miliar. Slamet Subiakto selaku Direktur Perikanan Perikanan Budidaya KKP mengutarakan bahwa pembangunan KKP akan menggandeng PT Perikanan Indonesia (Perindo).

Ilustrasi pakan ikan. Foto:sorot jogja

Slamet juga memaparkan bahwa pada tahun 2017, KKP punya proyeksi untuk fokus melakukan pembenahan jaring apung yang selama ini tidak beroperasi. Sebab selama ini pengadaan bantuan jaring apung yang diberikan oleh KKP banyak yang tidak digunakan. Bahkan hingga kini, terdapat 600 lubang jaring apung air tawar yang tidak terpakai. “Ada beberapa faktor penyebab jaring apung itu tidak terpakai. Di antaranya soal keterbatasan modal sehingga sulit usaha. Kemudian masalah teknis operasional, dan masih adnaya keraguan yang melanda para petambak terkait jumlah hasil produksi,” Slamet menjelaskan seperti dikutip dari Bisnis Indonesia, Kamis (3/11/2016).

Tak hanya itu, tahun 2017, KKP segera memulai mengembangkan jaring apung di laut lepas khusus jenis ikan air asin seperti salmon dan kakap putih. Pengembangan budidaya ikan ini akan mengadopsi teknologi dari Norwegia. Adapun lokasi untuk pengembangan budidaya jaring apung jenis ikan air asin ini adalah di Sabang, Karimun Jawa, dan Pantai Selatan. Nantinya, pada setiap lokasi akan dipasang enam lubang jaring apung yang memiliki diameter 50 meter (m). Diperkirakan hasil produksi satu unit keramba dapat mencapai 568 ton per siklus.

Seluruh upaya pembangunan yang dilakukan oleh KKP demi mengejar target produksi hasil perikanan budidaya, yakni sebesar 22 juta ton selama tahun 2017. Tahun 2016, KKP menerapan target hasil produksi sebanyak 16 juta ton. (*)

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224 - 0812 6065 5496 Up. Teguh Raharjo

135 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page