• Redaktur : Cherrie Gisela - 0812 6083 0602

Ikan Lele Mati Akibat Cuaca


Sering dihadapi dalam pembesaran ikan, sebutlah lele yang biasanya kematian terjadi pada ikan yang berumur 3-4 minggu. Salah satu penyebab kematian diduga adalah kondisi faktor cuaca yang berubah-ubah, sehingga mengakibatkan kualitas air berfluktuasi dari waktu ke waktu. Hal ini menimbulkan stress pada ikan, dan jika kualitas air memburuk maka ikan yang dalam kondisi stres akan mudah terserang penyakit dan akhirnya mati.

Untuk mengurangi stress yang terjadi pada ikan hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi pemberian pakan dan tambahkan kincir air untuk menjaga oksigen dalam air. Jika pakan dikurangi maka metabolisme tubuh akan menyesuaikan, lebih sediki energi digunakan untuk mencerna dan mengolah makanan, sehingga energi akan lebih banyak digunakan untuk perawatan tubuh ikan.

Disamping itu, pengurangan jumlah pakan juga akan mengurangi limbah sisa pakan yang sering menjadi endapan dan alhasil kualitas air menurun. Selanjutnya, perbaikan air kolam yang biasa terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara bahan organik yang terdapat di dalam kolam dengan bahan organik yang dapat diuraikan oleh bakteri. Ketidakseimbangan ini dapat mengakibatkan munculnya senyawa beracun dalam air dan berkembangnya bakteri patogen.

Oleh karena itu kita harus berusaha menyeimbangkan kondisi kualitas air dengan cara menambah jumlah bakteri yang dapat menguraikan bahan organik dengan cepat tanpa menimbulkan senyawa beracun. Salah satunya adalah dengan menggunakan bakteri fotosintesis (PSB).

Untuk memperbaiki kondisi air yang telah menurun maka digunakan dosis 100 ppm yang diberikan setiap 2 hari. Tujuannya adalah untuk meningkatkan populasi bakteri PSB secara cepat sehingga dapat mendominasi populasi bakteri dalam kolam. Tumbuhnya bakteri PSB akan menekan pertumbuhan populasi bakteri lainnya sehingga senyawa beracun dapat berkurang. Pemberian PSB tetap dilanjutkan hingga warna air jadi hijau kemerahan dan bersifat stabil. Pada saat itu, kondisi ikan sehausnya juga semakin baik, kematian sudah berkurang. Selanjutnya pakan yang diberikan mulai ditambah sedikit demi sedikit. Sementara itu dosis PSB juga mulai dikurangi, hingga akhirnya menjadi 10 ppm. Pemberian PSB tetap dilanjutkan sampai ikan lele dipanen.

Semoga Bermanfaat!

Hubungi Customer Sales Representative kami di

Indah Sari Windu Medan: Jl. Sutomo No. 560, Medan, Sumatera Utara, 20231, Indonesia Surabaya: Pergudangan Tanrise Westgate Diamond, Blok B-16, Wedi, Gedangan, Sidoarjo 61254, Indonesia Telp: 061 4571 224 - 0812 6083 0602 Up. Cherrie Gisela

#efekcuacapadatambak #atasikematianlele #pembesaranikan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon