• Audri Rianto

2 Teknik Pemberian Pakan Pada Udang

Permasalahan para petambak yang paling umum adalah adanya sisa pakan yang mengendap pada dasar tambak. Hal tersebut bisa saja terjadi karena teknik pemberian pakan tidak dilakukan dengan baik. Pasalnya, teknik penebaran pakan pada kolam tambak sangat penting untuk diperhatikan demi meminimalisir adanya pakan yang terbuang.

Teknik pemberian pakan sendiri terbagi menjadi dua, yaitu pemberian pakan dengan cara penebaran manual dan teknik pemberian pakan menggunakan mesin auto feeder.


Sumber: app.jala.tech

Teknik pemberian pakan manual ialah dengan cara menebarkan pakan secara langsung tanpa peralatan apapun. Agar pakan dapat dijangkau udang secara efektif, sebaiknya kincir dimatikan 15 menit sebelum pakan ditebar. Hal ini dilakukan demi mengurangi arus yang ada pada tambak, sehingga pakan tidak langsung terbawa oleh arus. Mematikan kincir 15 menit sebelum penebaran pakan dinilai efektif dalam meningkatkan jangkauan udang terhadap pakan yang diberikan.

Selanjutnya, perhatikan bentuk pakan yang diberikan. Apabila pakan yang diberikan dalam bentuk tepung, maka sebelum ditebarkan sebaiknya dibasahi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari pakan yang terbuang akibat dari hembusan angin saat ditebar pada tambak.

Teknik lainnya adalah pemberian pakan menggunakan mesin auto feeder. Auto feeder adalah sebuah alat yang dapat menampung pakan dan melepaskannya dalam waktu dan jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan auto feeder dinilai lebih praktis , karena petambak tidak perlu berkeliling kolam tambak hanya untuk memberi pakan. Penebaran pakan menggunakan auto feeder juga dinilai lebih efisien, karena mesin ini dapat diatur berapa jumlah pakan yang diberikan secara merata, serta jarak waktunya antara pemberian pakan.

Pemerataan tebar pakan dengan auto feeder juga dinilai lebih baik, serta kondisi lingkungan tambak yang menggunakan auto feeder juga dinilai lebih stabil. Pasalnya, penggunaan auto feeder ini dapat mengurangi risiko terjadinya over feeding dan menurunkan risiko meningkatnya kadar amonia dan nitrit pada tambak.


Kelebihan auto feeder lainnya adalah mengurangi tingkat kanibalisme, karena semua udang dapat makan dengan baik, pengisian ulang pakan juga lebih mudah, serta mengurangi penggunaan tenaga kerja yang dinilai dapat menekan biaya produksi.


Baca Juga:

101 tampilan

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon