Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi banyak sektor industr, namun Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan bahwa pelaku budidaya perikanan tetap berproduksi. Bahkan, estimasi panen komoditas perikanan sepanjang April hingga Juni mencapai 450 ribu ton.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo menjelaskan komoditas perikanan yang dimaksud meliput...

Sikap positif dan optimis pemerintah saat ini tengah digaungkan dalam menangani pandemi Corona yang sekarang terjadi. Sikap yang sama juga ditunjukkan oleh sektor kelautan dan perikanan yang sangat diharapkan mampu menjadi pemasok bahan pangan untuk kebutuhan masyarakat di situasi darurat saat ini.

Berbekal keyakinan itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy...

Pada proses budidaya udang, baik itu intensif  maupun semi intensif tentu memerlukan pakan buatan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan udang. Pakan yang diberikan juga tidak asal-asalan, karena dari setiap proses perkembangannya udang memerlukan jenis pakan yang berbeda.

Pemberian pakan yang berbeda ini didasari dari 3 fase perkembangan udang, yaitu f...

March 31, 2020

Bakteri vibrio menjadi salah satu penyebab udang mengalami gangguan kesehatan. Bakteri vibrio sering muncul pada tambak secara berkoloni. Walaupun tidak mengakibatkan udang mati secara langsung, ternyata bakteri vibrio ini dapat mengeluarkan senyawa beracun yang dapat mengganggu udang.

Senyawa beracun tersebut diketahui dapat membuat udang tidak nafsu makan h...

March 30, 2020

Perawatan lingkungan budidaya udang harus dilakukan dengan baik demi menjaga beberapa parameter yang ada guna mendukung kehidupan udang. Parameter yang stabil memungkinkan udang dapat hidup dengan baik, tumbuh dan berkembang dengan normal.

Salah satu parameter yang paling krusial adalah salinitas atau kadar garam pada air. Udang diketahui dapat hidup dengan b...

March 28, 2020

Virus corona menjadi pandemik internasional yang mengakibatkan beberapa sektor mengalami kesulitan, termasuk pada sektor perikanan yang harus mengalami gangguan logistik baik di dalam maupun di luar negeri.

Sumber: wartaekonomi.co.id

Untuk mengatasi dampak dari corona, Kementerian Kelautan dan Perikanan saat ini tengah membuat strategi untuk mengantisipasi dam...

March 27, 2020

Budidaya udang vaname intensif menjadi salah satu cara untuk memenuhi permintaan udang di pasar lokal dan internasional. Ciri dan budidaya udang secara intensif ialah memiliki padat tebar yang tinggi. Sistem budidaya udang intensif tentu memerlukan perhatian yang lebih bila dibandingkan dengan pola tradisional. Air tambak dituntut untuk selalu dalam kondisi...

March 24, 2020

Kegiatan budidaya udang di Indonesia terus mengalami perkembangan, hal ini tentu didasari oleh permintaan konsumen. Udang vaname menjadi udang primadona baik di pasar regional maupun internasional.

Hingga saat ini, udang vaname menjadi komoditas unggulan ekspor perikanan Indonesia ke berbagai negara. Tak heran jika pemerintah melakukan segala upaya untuk teru...

March 23, 2020

Pada tambak intensif, seringkali petambak menggunakan antibiotik dengan tujuan untuk mencegah penyakit pada udang yang dibudidayakan. Antibiotik dapat diberikan secara terpisah dan bisa juga diberikan dengan mencampurnya ke dalam pakan.

Sumber: djpb.kkp.go.id

Memang, udang yang diberikan antibiotik akan menjadi kebal terhadap penyakit serta memiliki sistem pen...

March 21, 2020

Bagi anda yang sangat gemar mengonsumsi makanan laut, udang pasti menjadi salah satu yang paling disukai. Makanan satu ini biasanya hadir sebagai campuran aneka makanan, mulai dari capcay hingga sup.

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, udang juga dikenal mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Hal ini yang mendasari orang-orang menjadi semakin...

Please reload

Please reload

CONTACT US

061-4571224

061-4571571

061-4534443

Medan - Head office:

Jl. Sutomo no. 560, Medan 20231

Indonesia

  • Facebook Social Icon
  • Google+ Social Icon
  • YouTube Social  Icon